Biasanya kalo mau liburan ke pulau kebanyakan orang akan menggunakan perahu, mau model sampan, kapal nelayan, boat, phinisi, apapun itu. Tapi pernah enggak ke pulau tapi berjalan kaki ????? Bingung ??? Yuk simak ^^ 
Pulau Macan Kecil (gue singkat jadi PMK ya biar gampang), posisinya berada di Kepulauan Seribu. PMK masih satu teritori dengan Resort Pulau Macan, persis bersebrangan hanya dipisahkan oleh lautan.
Ini dia yang mau gue bahas!So, untuk mengunjungi PMK, enggak perlu naik perahu. Dari Resort cukup dengan BERJALAN KAKI. Menarik kan? Saat itu gue excited sekaligus deg-degan.
PMK merupakan salah satu agenda yang di sediakan saat pengunjung menginap di Resort Pulau Macan. Karena lagi berlibur di Resort Pulau Macan, jadinya sekalian deh mampir ke PMK buat mengisi kekosongan hati gue *halah*
Klik Pulau Macan – Day 1 buat melihat keseruan di Resort Pulau Macan
Sebelum berangkat, kami harus menggunakan sepatu khusus yang disediakan pihak Resort. Untuk mengantisipasi kalau terinjak bulu babi saat perjalanan ke PMK. Setelah mencari nomor sepatu yang cocok, perjalanan menerobos lautan di mulai.
Langkah Awal di Mulai Dari Tangga Ini
Aktivitas penyebrangan ini dilakukan saat air surut ya!!
Meskipun surut ketinggiannya bisa sampai perut orang dewasa. Kalo udah sore biasanya akan pasang dan arus semakin besar jadi enggak memungkinkan untuk menyebrang.
Meskipun terlihat gampang tapi sebenarnya kami harus memperhatikan track perjalanan supaya terhindar dari bulu babi karena agak samar-samar antara bulu babi dengan gumpalan rumput laut yang tertanam, selain itu harus menyeimbangi diri dari arus laut juga.
Total perjalanan sekitar +/- 15 menit.



Seperti kebanyakan pulau lainnya, disini terdapat banyak tanaman mangrove dan hutan kecil dengan pasir putih dan gradasi air laut yang menyegarkan.
Karena PMK pulau tidak berpenghuni jadinya berasa kayak pulau pribadi #mendadaksultan ;p

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :
– Jangan lupa bawa segala macam sunblock dan lotion  biar ga hitam
- Karena PMK tidak berpenghuni,jangan lupa bawa air minum atau cemilan kalo mau piknik. Tapi inget jangan meninggalkan sampah!! Bawa balik sampahnya ^^
– Watch out your move ya kalo enggak mau ketusuk bulu babi
– Sebelum berangkat tanya pihak pengelola resort dulu, takut timing nya enggak tepat (Baca : air pasang)

Budget Per Agustus 2015 :
– Perjalanan ke PMK termasuk paket dari pemesanan resort
Biaya Resort 2.218.000/Night/Person
Untuk info bisa cek di www.pulaumacan.com
TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS

KILL NOTHING BUT TIME
ENJOY THE TRIP !!! ^^