Kemegahan Keraton Kesepuhan


Jujur aja nih ya!!!

Kalo di tanya tentang KERATON, otomatis ensiklopedia seorang SIGIT SUGIYONO akan berkata keraton adalah tempat kediaman raja dan CUMA ada di JOGJA. (That's it!!! Tapi itu duluuuu...)

Hingga suatu hari, tepatnya saat gue liburan ke Cirebon, baru gue ketahui kalo keraton ada di mana-mana. Singkat cerita keraton adalah Istana penguasa Jawa.
Saat ke Cirebon, gue mendapat informasi kalo di Cirebon terdapat 4 keraton :
  • Keraton Kesepuhan
  • Keraton Kanoman
  • Keraton Kecirebonan
  • Keraton Keprabonan
Diantara ke-empat keraton tersebut, keraton Kesepuhan adalah yang terbesar dan merupakan salah satu kerajaan Islam yang ada di Cirebon. Perjalanan menuju Keraton Kesepuhan bisa ditempuh sekitar 15 menit dari Stasiun Cirebon dengan berkendara.

Seperti objek wisata pada umumnya, untuk masuk ke Keraton Kesepuhan kita wajib membeli tiket terlebih dahulu. Setelah gue membeli tiket, sebuah gapura yang berukuran tidak terlalu besar menyambut kedatangan para wisatawan. Sepintas gapura tersebut terlihat seperti gapura di Bali, hanya saja berbeda ukiran. Bangunan sekitar Keraton Kesepuhan di dominasi oleh bata merah mulai dari pintu masuk hingga sekeliling pagar.

Yang gue suka adalah Keraton Kesepuhan menjadi daya tarik dan pilihan destinasi bagi banyak wisatawan yang sedang berkunjung ke Cirebon. Menariknya meskipun ramai tapi lokasi ini sangat bersih dan sangat terjaga.

Ada apa di Keraton Kesepuhan?????Setelah masuk ke komplek keraton, gue langsung menemukan pendopo, taman, dan juga museum yang menyimpan benda-benda bersejarah seperti benda pusaka, lukisan, dan juga benda yang di keramatkan. 
Selain sebagai tempat tinggal raja, Keraton Kesepuhan juga mempunyai banyak fungsi misalnya sebagai tempat melatih para prajuri, tempat pengadilan, tempat menghadap pembesar-pembesar dan lain sebagainya.
Makin masuk ke dalam, semakin kompleks juga bangunannya. Dalam artian bangunan-bangunan di sini mempunyai nilai arsitektur yang sangat detil dengan berbagai macam arti, mulai dari ukiran, bangunan menghadap utara dan lain sebagainya.
Saran gue kalo kesini pastikan pake guide ya biar bisa kalian bisa mengerti tentang seluk beluk tiap detil sudutnya.

Ohya, cuma punya waktu 1 hari di Cirebon???Bisa kok!!! klik di Liburan di Kota Udang

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :
– Bawa payung atau topi, karena panas banget disana. 
- Kalo kalian enggak suka sejarah, kayaknya Keraton Kesepuhan bukan tempat yang cocok.  Bisa-bisa kalian akan menganggap tempat wisata yang membosankan. Tapi enggak ada salahnya kalo kalian memaksa diri untuk mengenal sebagian kecil tentang sejarah di Indonesia khususnya Cirebon. Karena sejarah itu harus dilestarikan bukan dilupakan ^^

Budget Per Januari 2016 :
– Tiket masuk : Rp 20.000/Org
TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

0 Komentar