Berpetualang di Taman Sari Gua Sunyaragi


Biasanya saat seseorang mendengar kata GUA* yang terlintas adalah sebuah lubang gelap yang panjang, dingin, seram, dan banyak kelelawar. Namun itu enggak berlaku di Gua Sunyaragi, yang berada di kota Cirebon.
(*Berdasarkan KBBI yang benar adalah GUA bukan GOA)
Menurut pemandu di kawasan Gua Sunyaragi, Gua ini dibangun oleh Pangeran Kararangen. Meskipun dikatakan sebenarnya ada 2 versi, yaitu ;
     1. Versi Carub Kanda
     2. Versi Caruban Nagari (Pangeran Kararangen)
Tetapi biasanya menggunakan versi yang ke-2. (Jangan tanya kenapa, karena gue juga enggak paham ;p)

Sunyaragi berasal dari bahasa Sansekerta, “sunya” yang artinya adalah sepi dan “ragi” yang berarti raga. Dahulu kala tempat ini digunakan oleh keluarga Sultan Cirebon untuk bermeditasi dan beristirahat. Karena itu di dalam komplek Gua Sunyaragi terdapat 2 bagian; pertama bangunan gua dan kedua bangunan/tempat untuk beristirahat lengkap dengan beranda, kamar tidur dan kamar mandi.

Gua Sunyaragi terdapat banyak pintu/lubang, yang digunakan sebagai penghubung saluran air sekaligus sebagai penghubung bawah tanah. Maka dari itu Gua Sunyaragi disebut juga sebagai Taman Sari Gua Sunyaragi/Taman Air Gua Sunyaragi.

Bahkan dulunya komplek gua dikelilingi oleh danau yang bernama Danau Jati tetapi danau tersebut sudah kering dan akhirnya sekarang difungsikan menjadi sebuah jalan.






Seperti hal nya dengan cerita adat atau kepercayaan yang ada di Indonesia, Gua Sunyaragi juga terdapat mitos yang unik.
Di salah satu bagian Gua Sunyaragi, Gua Peteng, terdapat patung batu yang disebut Perawan Sunti. Konon katanya sih kalo ada pengunjung yang memegang batu ini maka akan sulit mencari jodoh. 
Di salah satu bagian lagi terdapat Gua Kelanggengan, berbeda dengan sebelumnya, setiap pengunjung yang masuk ke dalam gua ini katanya akan enteng jodoh.

Jadi kalau kalian enggak sengaja memegang batu Perawan Sunti berarti kalian harus buru-buru masuk ke Gua Kelanggengan biar bisa dapat jodoh... ;p


Kawasan Gua Sunyaragi cukup besar, saking besarnya ada tempat untuk pagelaran teater seni dan budaya dan juga ada panggung outdoor gitu, mungkin semacam amphiteater. 

Ohya, cuma punya waktu 1 hari di Cirebon???Bisa kok!!! klik di Liburan di Kota Udang
Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :
– Sedikit catatan, Gua Sunyaragi merupakan objek wisata Cagar Budaya. Maka dari itu kita harus melestarikan dan menjaga kawasan di daerah ini ya ^^
– Kalo butuh pemandu bisa langsung ditanyakan ke bagian loket. 



Budget Per Januari 2016 :
– Tiket masuk : Rp 10.000/Org

TAKE NOTHING BUT PICTURES

LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME
ENJOY THE TRIP !!! ^^

0 Komentar