Eco Resort di Pulau Macan - Day 1


Meskipun bernama Pulau Macan kenyataannya disini enggak ada macan sama sekali. 
Entah kenapa dinamakan Pulau Macan??? yang pasti gue pun enggak mengerti dan biarlah ini menjadi sebuah misteri ;p. 

Pulau Macan merupakan salah satu Eco Resort yang ada di Kepulauan Seribu. Inti nya resort yang HEMAT ENERGI!!!

Minggu 16 Agustus 2016 gue dan teman-teman berangkat ke Pulau Macan menggunakan fast boat dari Pier 17 harbour di dermaga Taman Impian Jaya Ancol. 
Sebelum masuk ke dalam boat, penumpang akan di absen satu per satu. Kalo namanya di panggil baru boleh masuk ke dalam boat. Semacam kayak lagi karyawisata sekolah.
Entah kenapa, sialnya gue dan teman-teman adalah makhluk terakhir yang di panggil. Gegara itu pula akhirnya gue orang harus duduk di bagian belakang kapal dekat mesin karena tempat duduk di dalam terisi penuh. Awalnya sih kami menikmati angin laut sepoi-sepoi, eh, saat 1/4 perjalanan, terpaan air mulai masuk ke kapal dan membasahi kami beserta barang bawaan.
Setelah gue perhatikan ternyata mayoritas penumpang boat adalah WisMan dari Asia Timur, seperti Korea dan China. Apa mungkin mereka lebih mendahulukan WisMan? (just thought, no hard feeling kok ;p) 

Setelah mengarungi lautan sekitar 1,5 Jam, perlahan boat mulai menepi. hamparan laut tenang berwarna toska dengan angin laut sepoi-sepoi menyambut kedatangan kami. Sebagai orang yang haus akan liburan, pemandangan seperti ini lah yang gue nanti-nantikan.
Tiba di main building, pengunjung di briefing mengenai seluk-beluk wilayah Pulau Macan, things to do, lunch-dinner-breakfast time, fasilitas, dan lain sebagainya.
Pulau Macan mempunyai 2 pulau, yaitu Pulau Macan itu sendiri yang dijadikan resort dan 1 lagi Pulau Macan Kecil. Menariknya untuk mengunjungi Pulau Macan Kecil cukup dengan berjalan kaki di antara lautan lepas. WAH KEREN KAN?????!!!!!!!! Tapi hanya di jam tertentu, tepatnya saat air surut.



Pulau Macan bukan pulau yang besar.
Total kamar nya bisa di hitung dengan jari. Beberapa jenis diantaranya, seperti : coral hut, sunset hut, driftwood hut, island hut, zen hut. 
Pulau Macan menyediakan beberapa aktivitas dan fasilitas yang bikin pengunjung betah. Ada tenis meja, billiard, cano/paddle board, snorkeling (sesuai jadwal), bermain air atau berenang di pantai, merasakan sensasi menyebrang sekaligus bermain di Pulau Macan Kecil, peralatan membuat istana pasir untuk anak-anak dan kalian bisa chill di hammock maupun kongkow di ruang makan yang teduh dan sejuk dengan pemandangan laut.


Ini dia kamar kamiiiiiii...!Bukannya sombong nihhh... Karena rombongan gue ber-jumlah 6 orang akhirnya kami memilih kamar yang paling besar sekaligus termahal yaitu SUNSET HUT (dapat menampung hingga 6 orang). Habis bayar baru deh jiwa miskin kami menjerit HAHAHAH
Karena mengusung konsep eco resort, maka kayu-kayu mendominasi bangunan ini dengan open air circulation dan hanya ada lampu bohlam kuning dan kipas angin saja!
Pemandangan dari kamar begitu menggoda. Kami dibuai dengan pemandangan laut yang bisa dilihat langsung dari tempat tidur dan juga terdapat teras beserta kasur untuk sunbath sekaligus tangga khusus untuk akses bermain air dan berenang di laut macem Maldives. Tepat di sebelah teras ada toilet yang bernuansa "terbuka". Jadi, sambil mandi dan poop bisa melihat laut ;p


                                                         
Pengalaman yang enggak bisa dilupakan adalah ketika kami lagi menaruh barang di kamar, tiba-tiba terdengar suara yang cukup heboh dan mengejutkan dari bawah lantai kayu kamar. Alhasil kami mencoba mencari sumber suara dengan mengintip dari kolong di teras. Mau tau suara apa itu???  ada 2-3 BIAWAKKKKK berukuran besar yang sedang berteduh di bawah kamar panggung kami. Suerrr saat itu kami langsung ketakutan dan berpikir kalo mau berenang, bagaimana ya? dan saat ingin tidur bagaimana? Karena kamar dan teras hanya tertutup dengan horden anyaman bambu.
Karena enggak mau ambil pusing akhirnya kami memutuskan untuk melakukan kegiatan yaitu menuju Pulau Macan Kecil dengan berjalan kaki melewati lautan.Mau tau pengalamannya seperti apa? bisa kalian buka di Pengalaman Mendebarkan Menyebrangi Lautan Dengan Berjalan Kaki

Puas dari Pula
u Macan Kecil, kami langsung bergegas untuk snorkeling. Kegiatan snorkeling sudah di atur pihak resort yaitu jam 03.00 PM. 
Tempat snorkeling nya enggak terlalu jauh dari resort, sedangkan untuk underwaternya menurut gue sih "B" aja. 
Ohya ini pertama kalinya gue di sengat sama ubur-ubur.
Saat snorkeling beberapa kali gue merasa nyeri kayak di gigit semut merah hingga merah dan ternyata itu adalah ubur-ubur, beberapa temen gue pun di sengat oleh ubur-ubur.

Sepanjang hari main air mulu macam bocah ;p
Di Pulau Macan Kecil (main air),Snorkeling (main air),
Pulang snorkeling lalu masuk kamar, katanya sih mau mandi beres-beres (eh malah main air lagi).
Tapi sebelum nyemplung, kami cross check apakah ada biawak atau enggak. Behubung biawaknya enggak ada alhasil langsung nyeburrrrr.

 
Udah masuk golden hour, time to catching the sunset <3...
kelar main air, kami bergegas naik dan langsung menikmati sang senja bersama-sama (Romantis banget yaaa)
Seperti nama kamar kami (SUNSET HUT), kamar kami langsung menghadap ke barat dimana matahari terbenam....
Dari kamar, kami bisa melihat matahari yang turun perlahan hingga akhirnya secara horizon matahari menyentuh laut, kemudian menghilang dibalik cakrawala.
Kami mulai berbenah kemudian di lanjutkan dengan makan malam.Setelah kembali ke kamar, kami menghabiskan hari itu dengan bercanda, dan bermain kartu, hingga akhirnya tidur sambil di hantui dengan biawak ;p
Bersambung di hari ke-2 ya gaes....


Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :
– Jangan lupa bawa sunblock dan lotion.
– Kalau ada yang mabok laut, minum obat dulu biar ga muntah. Ingat perjalanan 1,5 Jam,
belum lagi kalo ombak nya lagi gede.

– Bawa cemilan dan mainan (kartu) biar gak bosan pas malam-malam.

– Inget ya di Pulau Macan masih terdapat banyak biawak yang berukuran besar, 
SO BE AWARE.
Budget Per Agustus 2015 :
– Untuk biaya tergantung dari tipe kamar yang kalian pilih.
Karena waktu itu saya pilih SUNSET HUT = Rp. 2.218.000/Night/Person
Termasuk makan (Fullboard), boat transfer pergi dan pulang, pintu masuk Ancol, snorkeling, dan semua fasilitas yang mereka sediakan.
Kalo di hitung-hitung kemarin itu kami harus membayar
Rp 2.218.000 x 6 orang = 13.308.000.
Harga yang cukup mahal sebenarnya, tetapi sekali-kali mah gpp, Soalnya disini emank keren dibanding resort yang ada di kep. seribu yang lain.
Untuk info bisa cek di www.pulaumacan.com
TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS

KILL NOTHING BUT TIME
ENJOY THE TRIP !!! ^^

1 Komentar

  1. Pengen banget ke Pulau Macan tapi agak pricey ya. Tapi ini kayanya Pulau Seribu terbagus gak sih? Haha

    BalasHapus